ORGANISASI KURIKULUM

Organisasi kurikulum yaitu bentuk bahan pelajaran yang disusun dan disampaikan kepada murid-murid serta merupakan dasar yang penting dalam pembinaan kurikulum dan berhubungan erat dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai.

 

JENIS-JENIS KURIKULUM

 

Kurikulum bermacam-macam bentuknya namun ada bentuk kurikulum yang sangat terkenal dan sangat luas pemakainya adalah subject curriculum yang berarti kurikulum yang terdiri atas sejumlah mata pelajaran. Kurikulum ini mempunyai ciri-ciri yang menguntungkan namun banyak juga mempunyai kelemahan. Atas kelemahan yang dimiliki kurikulum inilah yang menyebabkan munculnya kurikulum dan sebab adanya perbedaan kurikulum diantara :

1.       Aktivityy curriculum (keaktifan anak)

2.      Experience curriculum (kurikulum yang didasarkan pengalaman langsung)

3.      Life curriculum (kurikulm yang bertalian erat dengan kehidupan anak dan lingkungan)

4.      Core curriculum (mecakupsegala kebaikan semua kurikulum yang mengadakan reaksi terhadap subject kurikulum)

 

SEPARATE-SUBJECT CURRICULUM

 

Kurikulum ini disebut demikian dikarenakan mata pelajaran yang terpisah-pisah. Pengertian subject disini adalah hasil pengalaman umat sepanjang masa serta kebudayaan atau ilmu pengetahuan yang dikumpukan dimasa lampau lalu bahan ini disusun secara sistematis dan logis serta disederhanakan dan disajikan untu anak didik dalam bentuk mata pelajaran setlah disesuaikan dengan kemampuan murid. Serta harus jelas batas-batas pelajaran setiap kelas atau tingkatan dan keputusan batasan pelajaran ini harus dibatasi dihormati dan tidak untuk dilampaui. Dengan kurikulum sekolah memberikan anak pengalaman-pengalaman pribadinya sesuai dengan tujuan pendidikan karena anak-anak atau semua manusia pada umumnya belajar dari pengalaman hasil belajar seperti ini dianggap permanen dan tidak terlupakan. Dalam subject curriculum anak dituntut untuk mempelajari bagaimana pengalaman pengetahuan pada masa lampau serta kurikulum ini ditujukan kepada pembentukan intelektual dan kurang kepada pembentukan pribadi anak. Serta ketetapan tentang kuriklulum ini telah melalui evaluasi para pengembang kurikulum dan para ahli pendidikan.

 

 

MANFAAT SPARATE-SUBJECT CURICULUM

 

1.      Bahan pelajaran secara logis dan sistematis

2.      Organisasi kurikulum itu sederhana mudah direncanakan dan dilaksanakan yakni dari segala macam kurikulum yang paling mudah dissusun adalah subject curriculum. Melaksanakan kurikulum ini pun tidak menimbulkan kesulitan karena apa yang diakarkan sudah ditentukan lebih dahulu.

3.      Kurikulum ini mudah dinilai yakni kurikulum ini bertujuan menyampaikan sejumlah pengetahuan pengertian yang mudah dinilai dengan ujian atau test.

4.      Kurikulum ini juga dipakai di perguruan tinggi. bisa dikatakan pada saat ini kurikulum ini sudah digubakan pada perguruaan tinggi yang bersifat mata pelajaran yang terpisah-pisah.

5.      Kurikulum ini telah dipakai berabad-abad lamanya dan sudah menjadi tradisi.

6.      Kurikulum ini lebih memudahkan guru.

7.      Kurikulum ini mudah diubah yakni segala perubahan atau perubahan kurikulum senantiasa didasarkan pada organisasi berbentuk subjek.

8.      Organisasi kurikulum yang sistematis yakni organisasi ini member emungkinan mempelajari sesuatu dalam waktu singkat.

 

 Sumber : http://rita-susanti.blogspot.com/2012/01/organisasi-kurikulum.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s