RANGKUMAN PENGANTAR PDE

 

Pemrosesan dokumen

File dokumen

  • Berisi rangkaian karakter terformat
  • Bentuk yang paling sederhana : file teks
  • File teks terdiri dari  :

–          Karakter-karakter yang dapat dicetak , diorganisasi menjadi baris-baris teks

–          Sejumlah karakter format, menandai tab, page break, dan pembagian antar baris

Editor/Teks Editor

  • Program yang menciptakan dan memodifikasi file teks
  • Pada umumnya disertakan dalam sistem operasi 

Sistem operasi

Teks Editor

DOS

Edit.exe

Windows

Notepad.exe

Unix

Vi

OS/400

SEU

Fasilitas dan fiture

  • Cursor keys
  • Scrolling widow
  • Word wraf
  • Insert mode
  • Overstrike mode
  • Cut, copy, paste
  • Search & replace

Word processor

v  Program untuk pemrosesan dokumen(membuat, mengedit, memformat, menyimpan, dan mencetak)

v  Mempunyai kemampuan menetapkan layout dan pencetakan

v  Bekerja seperti halnya editor

v  Bentuk file dokumen yang dihasilkan memiliki format yang lebih kompleks dibandingkan file teks

Grafical User Interface (GUI)

GUI adalah HCI yang didasarkam pada tampilan grafis HCI(Human Computer Interface). Tujuan utama HCI yaitu untuk memungkinkan komunikasi bolak balik antara pemakai dan komputer. Paling umum dijumpai pada PC yang dipasang adaptor grafik yang mampu mendukung grafik beresolusi tinggi. Keberhasilan GUI, semakin meningkat minat penggunaan komputer yang digunakan bersama media lain seperti digital video dan digital sound.

Contoh sistem GUI:

– Apple macintosh

– Microsoft windows pada IBM PC

– Open cook pada workstation unix

Pengorganisasian software GUI:

– Windows Manager

– Application Program

– API (Application Program Interface)

– Windows Libraries

Wiget GUI

Diciptakan , dioprasikan, dan dihapus (dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui toolkit API

Contoh wiget GUI:

– Box Field

– Tabble Field

– Button

– Radio Field

– Toggle Field

– Bar Field

– Scroll Bar

– Slide Bar

Desktop Metaphor

– Metodologi “guiding paradigm” untuk memudahkan user memahami penggunaan GUI
– Metaphor = analogi / kemiripan objek visual pada desktop grafis dengan objek sebenarnya. Contoh: icon recycle bin dengan gambar tempat sampah

Paket grafik

GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual, contoh: graphic package software

Jenis paket grafik:

• Painting package

Contoh: MS paint, MAC paint

• Drowing Package

Contoh: Corel draw, MS visio

Multimedia

Kombinasi dari audio, video, teks dan tampilan dalam lingkungankomputer interaktif. Untuk memberikan cara yang kreatif dan efektif untuk menghasilkan, menyimpan, dan mengkomunikasikan informasi.

Komponen multimedia

:: Komputer desktop

:: Monitor grafis berwarna beresolusi tinggi

:: CD-ROM

:: Peralatan video recording

:: Kamera video

:: Printer dan scaner grafik warna

Contoh aplikasi multimedia:

– Aplikasi training, education, dan entertainment

– Graphical Information Sistem (GIS), mencakup aplikasi yang didasarkan pada peta terdigitisasi

– Virtual reality

Perangkat input

Untuk menginput tampilan dan suara kesistem komputer, digunakan;

– Microphone

– Sound sampler

– Image scaner

Jenis-Jenis Gerbang Logika

v  Gerbang AND

A

                                     Q

B

A

B

Q

0

0

0

0

1

0

1

0

0

1

1

1

v  Gerbang OR

A

                                        Q

B

A

B

Q

0

0

1

0

1

1

1

0

1

1

1

0

v  Gerbang Not

 

A                                    Q

A

Q

1

0

 

Penyederhanaan pernyataan

  • Dual

Konsep dualisasi adalah dengan mengambil relasi benar dan mengubah semua 1 ke 0, semua And ke OR, semua OR ke And. Maka diperoleh dua relasi

  • Aturan De Morgan

–          Ubah AND ke OR dan OR ke AND

–          Negasi semua variabel

–          Negasi pernyataan yang telah dibentuk

  • Hukum Komulatif

A+B = A+B

A.(B.C)=(A.B).C

A+(B+C)=(A+B)+C

  • Hukum distributif

Contoh:

A.(B+C)=A.B+A.C

(A+B)(A+C)=A.A+A.C+A.B+A.C

Pemrosesan File

File adalah Kumpulan atau koleksi item yang tersimpan dalam media penyimpanan sekunder

Jenis File

  • File Dokumen
  • File Program
  • File Data
  • File Input / Output
  • File Kerja
  • File Scracth

Elemen File Data

  • Karakter
  • Field
  • Record

Jenis File Data

  • Master File (file induk)

–        Bersifat permanen

–        Berisi data statis (jarang berubah) dan  non statis (berubah setiap kali transaksi terjadi)

–        Contoh : stok barang

  • Transaction File (file transaksi)

–        Kumpulan transaksi yang diciptakan dari dokumen sumber

–        Digunakan untuk meng-update file master

–        Contoh : pesanan barang

  • Reference file (file referensi)

–        Cukup permanen

–        Digunakan untuk tujuan referensi

Key Field

  • Field yang digunakan untuk mengenali atau mengidentifikasi suatu record
  • Contoh : nomor pelanggan, kode barang, dll

Aktifitas Pemrosesan

  • Updating
  • Referencing
  • File Maintenance
  • File enquiry / interogation

Hit Rate

  • Istilah yg digunakan untuk mendeskripsikan rate (kecepatan) pemrosesan file master berdasarkan record aktif.
  • Perbandingan antara record yg diproses dengan total record dalam file master.

Pengorganisasian & Akses File

  • Pengorganisasian file

–        Penyusunan atau pengaturan record-record di dalam file tertentu

  • Akses file

–        Metode pembacaan suatu record dari file tertentu

Media Penyimpanan

  • Pita Magnetik
  • Disk Magnetik

Memproses File Teks

  • File teks bisa dianggap sebagai jenis khusus file berangkai
  • Setiap baris (atau mungkin paragraf) yang ada dalam file teks adalah record variable length (yang panjangnya berubah-ubah) yang berisi satu field karakter variable length

Teknik Penanganan File

  • Penciptaan file
  • Peremajaan file (update)
  • Pemeliharaan file (maintenance)

–        Konversi file

–        Penyortiran

  • Perangkaian akhir
  • Penyatuan / penyusunan

Pengecekan Validasi

  • Dilakukan ketika file transaksi dicocokkan dengan file master
  • Dilakukan terhadap :

–        Record baru

–        Record yang terhapus

–        Konsistensi

Strategi Pemrosesan

  • Pemrosesan Transaksi – memproses transaksi setiap kali ia terjadi
  • Pemrosesan Batch – mengumpulkan transaksi bersama selama interval waktu tertentu kemudian memproses seluruh batch itu

Pita Magnetik

  • Kelebihan

–        Relatif murah

–        Mempunyai kapasitas tinggi

–        Kecepatan transfer data cukup tinggi

–        Tidak memerlukan software sistem yang rumit

–        Kompatibilitas cukup tinggi

  • Keterbatasan

–        Non addressable serial

–        Semua file transaksi harus berada dalam rangkaian file master yang tepat. Hal ini menyebabkan terbuangnya waktu untuk penyortiran

–        Menyebabkan terjadinya pemrosesan redundan

–        Tidak bisa diakses secara langsung

–        Diperlukan beberapa run untuk menghasilkan output

Disk Magnetik

  • Kelebihan

–        Akses langsung

–        Tidak memerlukan software sistem

–        Kecepatan transfer data tinggi

–        Kapasitas penyimpanan besar

  • Keterbatasan

–        Harga jauh lebih tinggi

Pemrosesan On-line

  • Data tidak akan basi pada waktu tiba di komputer
  • File-file akan merefleksikan gambaran set keadaan tertentu yang lebih up-to-date dan lebih riil
  • Hasil pemrosesan dapat diperoleh lebih cepat

Pemrosesan Transaksi

  • Bekerja dalam real-time
  • Data yang datang segera diproses dan file yang relevan segera di-update

Spesifikasi Program

Persyaratan / Keperluan Umum

  • Beberapa tujuan desain umum bisa dinyatakan secara eksplisit sebagai bagian dari spesifikasi program.
  • Persyaratan / keperluan desain program terbagi ke dalam kategori umum berikut :

–        Gaya desain program dan presentasinya

–        Reliabilitas program

–        Efisiensi program

–        Waktu pengembangan (pembuatan) program

–        Biaya pengembangan program

–        Dokumentasi program

Spesifikasi Terinci

  • Tiga area spesifikasi yang penting :

–        Spesifikasi input

–        Spesifikasi output

–        Spesifikasi pemrosesan

Spesifikasi Input

  • Dua pertimbangan utamanya adalah definisi (penetapan) :
    • Item data yang akan dimasukkan (input)
    • Jenis data
    • Nilai yang valid untuk item data tersebut
    • Tindakan yang akan dilakukan jika pemakai berusaha memasukkan data invalid

–        Format yang akan digunakan untuk memasukkan nilai-nilai data input

  • Layout layar untuk input à screen layout charts
  • Pertimbangan utamanya adalah definisi (penetapan) :

–        Data apa yang akan di-output (dihasilkan)

  • Bagaimana ia diperoleh dari data input
  • Kapan ia akan dihasilkan
  • Bagaimana bentuk hasilnya nanti

–        Format yang digunakan data yang akan di-output

  • Print layout chart
  • Harus memberikan definisi presisi tentang pemrosesan apa yang diperlukan dengan memberikan (gambaran) hubungan antara data input dan data output.
  • Beberapa cara standar penetapan (penspesifikasian) pemrosesan :

–        Bahasa inggris

–        Pseudo-code

–        Flowchart

–        Diagram blok struktur program

–        Diagram warnier

–        Tabel keputusan dan pohon keputusan

Flowchart Program

  • Cara untuk menunjukkan, dalam bentuk diagram, rangkaian langkah dalam menjalankan suatu tugas pemrograman
  • Flowchartnya program umumnya dihasilkan dalam dua tahap yang mewakili tingkat kerincian yang berbeda :
    • Flowchart program garis besar

–          Merepresentasikan (mewakili) operasi-operasi komputer sebenarnya secara garis besarnya saja

  • Flowchart program terinci

–          Terbuat dari chart faris besar dan akan berisi langkah-langkah komputer terinci yang diperlukan untujk menjalankan tugas tertentu.

Diagram Blok Struktur Program

  • Ada berbagai ragam diagram blok struktur program
  • Didasarkan pada Nassi Shneiderman Structured Flowcharts (NSSF)

Tabel dan Pohon Keputusan

  • Tabel keputusan digunakan untuk menganalisa suatu masalah
  • Memperlihatkan kondisi-kondisi yang berlaku dalam masalah tertentu, dan menunjukkan tindakan-tindakan yang diambil akibat dari segala kombinasi dari kondisi-kondisi yang ada
  • Pohon keputusan adalah representasi grafis dari tabel keputusan
  • Untuk membantu pengkonstruksian tabel keputusan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s