Tugas 1 – Otobiografi

Nama saya adalah Radityo Bimo Sakti, biasa dipanggil bimo, saya lahir di Jakarta tanggal 15 september 1993. Umur saya 19 tahun jalan ke 20. Saya anak terakhir dari 3 orang bersaudara, saya adalah anak laki-laki satu-satunya dirumah karena kakak saya semuanya perempuan. Kakak pertama saya bernama Lintang dan kakak ke dua bernama Mayang. Kita semua dilahirkan dari seorang ibu yang bernama Sri Mulyani dan ayah yang bernama Suyatno.

            Pada masa kecil saya bersekolah untuk pertama kali itu di taman kanak-kanak setia. Disana di ajarkan cara menulis dan lain-lainnya. Setelah dari taman kanak-kanak saya lanjut bersekolah di SD Aren Jaya XVIII. Pada masa kecil bisa di bilang masa-masa yang paling menyenangkan karena dapat melalukan apapun tanpa adanya rasa malu dan tidak memperlulikan apapun yang dilakukan. Hobi saya dulu waktu kecil adalah bermain layangan apa lagi kalo sedang libur dan sedang lagi musim layangan,  saya bisa seharian maen layangan dari pagi sampe sore sampe keling mukanya karna panas-panasan. Kalo ada layangan yang putus saya sama temen-temen langsung mengejar layangan yang putus itu. Karna sering maenan layangan saya suka dimarahin sama ibu saya karena selalu minta uang mulu buat beli layangan. Lalu di kasih tau sama ayah saya lebih baik untuk membuat sendiri dibanding membeli, karena dapat belajar sambil bermain juga. Terus saya mencoba untuk membuatnya tapi selalu gagal. Setelah terus mencoba akhirnya bisa juga untuk membuatnya walaupun hasilnya kurang bagus, tapi saya dapat belajar dari membuat layangan tersebut yaitu selalu berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkan.

            Selain bermain layangan saya juga suka sama yang namanya bermain kelereng atau biasa disebut gundu. Dulu saya paling  jago bermain kelereng dibanding temen-temen saya yang lain, setiap bermain saya selalu menang walaupun suka kalah tapi dibanding kalah saya lebih sering menang. Didaerah rumah saya dulu ga cuma anak-anak kecil doang yang bermain tapi ada orang dewasannya juga yang suka main. Dan terkadang yang anak kecilnya suka dicurangin tapi saya tidak mudah untuk dicurangi terkadang malah orang dewasanya suka saya curagin haha. Dengan berrmain kelereng saya dapat menghasilkan uang jajan sendiri, karena kelereng yang saya punya cukup banyak jadi selalu saya jual-jualin. Dan hasil uang yang saya dapet dari penjualan kelereng itu saya tabung untuk membeli maenan yang saya inginkan dulu.

            Waktu kecil saya paling susah yang namanya tidur siang, orang tua selalu bilang tidur siang itu bagus untuk kecerdasan tapi namanya masih anak kecil jadi saya kurang menghiraukan perkataan orang tua, saya dulu ditimbang tidur siang lebih baik maen sama temen-temen saya kalo ga maenan layangan dah siang-siang bolong hehe. Saya dulu juga susah yang namanya suruh belajar, orang tua saya selalu memarahi saya karna susah belajar itu. Dan dulu juga saya pernah disuruh les bahasa inggris dan saya menolak karena saya kurang suka bahasa inggris, tapi sekarang saya menyesal karena kenapa tidak dari dulu saya les bahasa inggris soalnya sekarang sangat penting bahasa inggris itu. Memang penyesalan selalu datang terakhir tapi jangan selalu meratapi penyesalan itu karena sekarang masih dapat memperbaiki kesalahan itu.

            Hobi saya dari dulu adalah bermain basket. Karena di dekat rumah saya ada lapangan basket dan setiap sore anak-anak remaja di lingkungan rumah saya selalu bermain, jadi saya suka melihat mereka bermain dan saya awalnya mencoba-coba. Pada saat saya melihat saya di ajak kakak pertama saya bermain karena dia juga suka bermain di situ. Lama-lama setelah di ajak bermain saya jadi menyukainya. Gara-gara saya suka bermain basket, waktu saya kelas 5 sd saat jam istirahat sekolah pernah saya mengajak semua temen-temen kelas saya untuk bermain basket di deket rumah saya dan kebetulan rumah saya dengan sekolah itu dekat jadi saya ajak mereka bermain disana. Istirahat disekolah sd saya itu kan sekitar 30 menit lumayan lama jadi saya ajak temen-temen saya bermain, dan saat lagi asiknya bermain saya dan temen-temen saya lupa waktu karena jam istirahat sudah selesai, saat kita kembali ke sekolah ternyata guru saya sudah masuk ke kelas dan akhirnya kita semua dihukum karena telat datang. Walaupun dihukum saya tidak sedih karena yang di hukum tidak cuma saya tapi semuanya pada dihukum hehe.

            Selain saya suka bermain basket saya juga suka olahraga yang lain juga seperti bulu tangkis, sepak bola, tenis meja dan voli. Waktu sd ada kejuaraan olahraga antar sd sekota bekasi dan sekolah saya ikut serta dalam lomba tersebut. Kejuaraan tersebut ada lomba bola voli, sepak bola, tenis meja, dan bulu tangkis. Pada saat itu saya mengikuti seleksi lomba sepak bola, tenis meja dan voli. Pertama saya mengikuti seleksi tenis meja kebetulan saya baru belajar bermain tenis meja jadi masih belum terlalu bisa hasilnya masih kurang beruntung dalam seleksi itu. Selanjutnnya saya mengikuti seleksi bola voli, saat itu saya lolos seleksi tapi pada saat latihan saya selalu tidak datang jadinya nama saya di coret dalam tim itu. Dan yang terakhir saya mengikuti seleksi sepak bola, dan saya juga di terima dalam tim tersebut. Saya tidak mau mengulangi kesalahan sebelumnya karena tidak datang latihan jadi setiap latihan sepak bola saya selalu datang agar dapat di mainkan saat bertanding. Tapi kesempatan itu gagal kembali karena pada saat hari perlombaan tante saya menikah dan itu di adakan di kampung saya yaitu di jawa. Jadi saya di sana dalam waktu seminggu hasilnya saya tidak dapat mengikuti semua kejuaraan tersebut.

            Setelah lulus dari sekolah dasar saya lanjut bersekolah di smp pgri 1 bekasi. Masa smp adalah masa-masa perubahan dari yang masih pemikiran anak-anak menuju ke masa remaja. Pada waktu smp saya sudah mulai menghilangkan kebiasaan saat masih sd. Seperti lebih sering bermain saya mulai menguranginya karena pelajaran smp tidak seperti sd yang masih bisa dibilang santai. Disana saya mulai beradaptasi dengan lingkungan baru dan cukup lama saya untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Saat smp saya mulai mengenal yang namanya bermain musik. Saat itu saya dan temen-temen rumah saya membentuk sebuah band yang tidak jelas namanya haha. Awalnya hanya bertiga setelah itu kita menambah personil lagi dari temennya temen saya. Kita bermain musik hanya untuk kesenangan saja bukan untuk diseriusin karena dari kita semua masih pada pas-pasan bermain musiknya. Jadi bermain hanya untuk iseng-iseng aja. Kebetulan saya di band bermain drum karena alat musik yang lain saya tidak bisa memakainya jadi mencari yang mudah aja yaitu drum hanya dipukul-pukul doang hehe. Setelah lama bermain band dengan teman rumah, saya mencoba membuat band beersama temen sekolah. Dan kebetulan saat itu ada pentas seni(pensi) di sekolah saya. Saat itu ada seleksinya supaya bisa bermain di pensi dan akhirnya kita pun lolos dan tampil dalam acara pensi tersebut.

            Di smp saya ada beberapa macam ekstra kulikuler. Ada satu yang diwajibkan dan satu lagi yang tidak diwajibkan. Yang diwajibkan ikut ekskul saya memilih pramuka karena tidak seperti paskibra yang menurut saya lebih berat di banding pramuka. Pada waktu itu ada semacam pelantikan pramuka gitu dan saya mengikutinya. Setelah mengikuti plantikan saya merasa jenuh dengan ekskul tersebut, jadi saya lebih baik keluar dibanding tetap disana tapi tidak ada rasa nyaman. Setelah itu saya beralih ke ekskul yang tidak diwajibkan yaitu hobi saya basket. Saat mengikuti ekskul tersebut saya baru merasakan rasa nyaman jadi saya tetap mengikuti ekskul tersebut sampai lulus smp. Waktu itu saya masih belum punya sepatu basket karena harganya cukup mahal jadi saya untuk meminta ke orang tua ga enak karena cukup mahalnya harga sepatu tersebut, jadi saya bermain dengan sepatu yang lain yang agak mirip dengan sepatu basket. Setelah lama tidak memiliki sepatu tersebut, saat saya ulang tahun saya dihadiahkan sepatu basket pertama dan saya pun merasa senag karena sudah bisa memilikinya.

            Pada saat itu ada kejuaraan basket antar smp dan tim sekolah saya mengikuti kejuaraan tersebut. Itu adalah saat pertama kejuaraan basket yang saya ikuti, walaupun tidak menang tapi saya dapat merasakan yang namanya sebuah pertandingan sebenarnya pada hobi yang saya sukai. Ada hal pertama juga pada saat smp saya mendapatkan hp pertama. Dan saat pertama memiliki hp itu saya berkenalan dengan seorang wanita yang saya suka dulu haha. Kebetulan wanita tersebut adalah adik dari temen kakak kedua saya jadi dapat bantuan juga biar bisa deket hehe. Setelah lama berkenalan dan mulai sangat dekat tapi saya tidak berani menyatakan cinta karena sangat malu hahaha. Selain itu saya juga mendengar dari temen-temen saya yang lain kalo dia itu orangnya kurang baik jadi setelah itu saya mulai agak menjauh dari dia pelan-pelan atu biasa dibilang move on hahaha “jadi curhat gini haha”.

            Di smp bisa di bilang saya selalu mendapat sesuatu yang serba pertama. Setelah mendapat hal-hal pertama yang sebelumnya, saya mendapat motor pertama saya. Sebelum punya motor sendiri saya ke sekolah selalu naik ojek jemputan yang selalu antar jemput ke sekolah. Malahan sebelum naik ojek jemputan pas baru hari pertama sekolah smp saya pulang sendirian jalan kaki berjarak kurang lebih 3 kilometer dari sekolah ke rumah, karena lumayan uang ongkosnya bisa disimpen hehe. Setelah mendapatkan motor pertama saya betul-betul sangat merawatnya. Tapi sekarang mah boro-boro ngerawat soalnya udah males hehe.

            Setelah lulus dari smp saya lanjut sekolah di sma pgri 1 bekasi, belakang-belakangan sama smp saya. Di sma saya tidak begitu terlalu beradaptasi karena ada beberapa teman di smp saya yang juga bersekolah si sma yang sama seperti saya. Kelas saya yang pertama yaitu di kelas X7, kesan pertama saat saya baru masuk cukup menyenangkan. Pada saat kelas 10 saya paling jarang yang namanya jajan dikantin, bukan karena saya bawa bekel sendiri tapi karena untuk menabung, dan uangnya untuk memodifikasi motor saya. Inspirasi untuk menabung untuk memodifikasi motor yaitu teman sekelas saya. Waktu itu lagi jamannya motor retro, jadi saya beli atribut asesoris motor yang berbau retro. Dan sekejap duit yang sudah dikumpilkan lama pun ludes untuk motor.

            Temen dekat saya waktu pertama baru masuk sma yaitu alvi, kelvin, dan afit apriano. Kita biasa dipanggil almosvino hahaha. Pokoknya setiap sekolah pasti selalu bareng-bareng dan kalo bolos sekolah juga bareng-bareng ehehe. Tapi tidak Cuma di sekolah doang, kita kalo setiap jalan-jalan juga selalu bareng-bareng. Setelah naik kekelas XII kita mulai jarang bersama lagi karena ada suasana baru lagi dan teman-teman yang baru juga. Dan saya juga merasakan itu dengan teman-teman yang baru saya jadi jarang bareng lagi dengan mereka, tapi kalo sama si alfi dia tetep jadi temen terdeket saya sampai sekarang. Saat sma saya pernah mengikuti osis, pada awalnya saya hanya perwakilan saja dari ekskul basket untuk mengikuti musyawarah perwakilan kelas untuk membentuk osis jabatan baru. Awalnya saya tidak tau kalo ada pemilihan osis seperti itu, setelah terpilih 5 kandidat ketua osis baru saya mengikuti ldks yaitu latihan dasar kepemimpinan siswa. Saya sebenernya kurang suka dengan organisasi osis soalnya saya mikir pasti bakalan ribet tapi ternyata tidak dan saya malah menikmati dalam organisasi tersebut. Pada saat ldks saya di ajarkan untuk menjadi sosok pemimpin yang baik. Dan pada saat ldks itu jg di ajarkan pentingnya kerja sama dll. Saya yang awalnya kurang begitu tertarik dengan osis, tapi setelah masuk dalam organisasi tersebut saya sangat dapat berbagai macam pengalaman dan saya pun tidak menyesal masuk organisasi tersebut. Karena osis juga saya bertemu dengan seorang wanita yang sampai sekarang menjadi pacar saya hehe “jadi curhat lagi haha”.

            Di sma banyak yang bilang adalah masa-masa yang paling indah yang tak akan terlupakan. Tentang guru ataupun teman-teman sekolah yang lain. Karna di sma saya mempunyai temen-temen yang sangat begitu dekat sampai sekarang, awalnya sering main bareng terus nongkrong bareng pas pulang sekolah. Kita terdiri dari 13 orang 2 diantaranya perempuan. Kita biasa disebut musafir’s, hobinya jalan-jalan walaupun pada ga punya duit haha. Dengan mereka saya mengerti artinya seorang sahabat. Mereka sangat dekat seperti sodara sendiri. Susah senang sedih selalu bersama, ada masalah serasa tak ada masalah karna adanya mereka yang sangat membantu. Pada perpisahan sekolah adalah masa yang tak akan terlupakan. Karena banyak cerita yang sangat sulit dilupakan, terutama sama anak-anak musafir’s. Diantara kita ga ada yang namanya ga nangis, semua rata pada nangis saat perpisahan walupun dalam arti kita berpisah bukan untuk selamanya tapi kita menagis karena setelah perpisahan sekolah tersebut kita tidak bisa melakukan apa yang dulu kita lakukan disekolah.

            Setelah lulus sma temen-temen dari musafir’s ada yang kuliah di luar kota jadi pada saat liburan kuliah pasti diusahain yang diluar kota mereka pada pulang dan berkumpul lagi bersama. Walaupun tidak sesering seperti waktu sma tapi tak ada rasa yang berbeda bermain dengan mereka. Tetap dengan ke gokilannya dan kelakuan tak beda dari yang dulu. Di antara kita ada 4 orang yang tidak langsung kuliah terutama saya. Kalo saya karena bingung untuk memilih kerja apa kuliah. Awalnya saya ingin langsung kuliah tapi kebetulan kondisi ekonomi lagi kurang memungkinkan dan karna orang tua saya juga sudah pensiun jadi saya mengurungkan untuk kuliah. Selanjutnya saya mencoba mencari kerja dengan modal lulusan sma. Ternyata mencari kerja tidak begitu semudah yang dibayangkan. Mencoba kesana kesini masih belum ada panggilan. Saat mendapatkan panggilan pada tesnya masih belum lolos jadi saya mencari-mencari lagi lowongan yang ada. Pada saat 1 tahun menganggur saya tidak cuma diam dirumah dan tidak ngapa-ngapain tapi saya belajar dengan om saya yang seorang arsitek, bagaimana cara mendisain bangunan dengan dll.

            Setelah setahun berlalu dan masih belum dapat pekerjaan juga saya langsung kuliah di universitas gunadarma, karena kondisi ekonomi keluarga mulai membaik. Saat kuliah pada saat ospek saya tidak mengikutinya karena males kalo dibotakin haha. Saat kuliah mulai berdaptasi kembali dengan suasana yang baru lagi dan sekarang saya berada dikelas 1db07. Semester pertama sudah berlalu dan kesan mendapatkan ipk pertama ya cuma cukup berkata alhamdulilah dengan nilai tersebut hehe. Dan sekarang sudah ada di semester kedua yang bisa dibilang cukup padat dibanding semester sebelumnya. Dan tugas pun juga tambah banyak contohnya seperti tugas softskill ini ehehe.

Terimakasih .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s