Tugas Kelompok Softskill

BANK MUTIARA


logo_gunadarma1 
  

TUGAS KELOMPOK

 

Anggota Kelompok:

  • Cyntia Agustina (NPM: 31112647)
  • Puput Putri Lestari (NPM: 35112736)
  • Radityo Bimo Sakti (NPM: 35112871)
  • Ranti Maryani (NPM: 36112028)
  • Sanggri (NPM: 36112823)

 

Kelas                      : 3DB07

Mata Kuliah           : Terapan Komputer Perbankan#

Dosen                    : Dhita Ayudia Wulandari

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

2015

  • Sejarah

Bank Mutiara adalah transformasi dari Bank Century yang diambilalih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada 2008. Pengambil alihan perseroan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berdasarkan keputusan Komite Stabilitas Sistem Keuangan(KSSK) No. 04/KSSK.03/2008 pada tanggal 21 November 2008 sebagai bagian dari langkah penyelamatan kesehatan ekonomi nasional.

Setelah melakukan perubahan manajemen serta berbagai upaya pemulihan dan penyehatan, bank ini resmi dijual oleh LPS kepada J Trust Co. Ltd. dengan harga Rp4,41 triliun pada tanggal 20 November 2014

Pada 30 Maret 2015, Bank Mutiara berganti nama menjadi PT Bank J Trust Indonesia Tbk. Perubahan ini dikarenakan adanya perubahan pemegang saham pengendali Bank Mutiara. Saat ini mayoritas sahamnya dipegang oleh bank multinasional asal Jepang, J Trust Co

Struktur Organisasi

Untitled

Susunan Direksi

Direktur Utama
Ahmad Fajar
Direktur Utama

Warga Negara Indonesia. 49 tahun. Ditunjuk sebagai Direktur Bank Mutiara sesuai hasil RUPS tanggal 23 November 2008 dan lulus fit & proper test Bank Indonesia pada tanggal 12 Maret 2009. Kemudian, beliau ditunjuk sebagai Direktur Utama Bank Mutiara sesuai hasil RUPSLB tanggal 30 Desember 2014 dan lulus fit & proper OJK pada tanggal 3 Maret 2015. Mempunyai pengalaman di bidang perbankan selama lebih dari 24 tahun, dan memulai karirnya pada tahun 1990 di Bank Bumi Daya, lalu melanjutkan karirnya di PT Bank Mandiri Tbk dengan jabatan terakhir Vice President Head of Debt & Capital Market Dept. sebelum bergabung dengan PT Bank Mutiara Tbk sebagai Direktur. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Institut Pertanian Bogor tahun 1988 dan gelar S2 Magister Universitas Padjadjaran di tahun 2000.  

Direktur Kepatuhan
Felix Istyono
Warga Negara Indonesia. 56 tahun. Ditunjuk sebagai Direktur Kepatuhan Bank Mutiara sesuai hasil RUPSLB tanggal 26 Februari 2014, dan lulus fit & proper test OJK pada 22 April 2014. Memulai karir di PT Wellwood Sejahtera Ekapratama 1986 dan melanjutkan karirnya di Bank HSBC Indonesia sejak tahun 2009 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Kepatuhan sebelum bergabung dengan Bank Mutiara. Beliau meraih gelar Sarjana Hukum Perdata di Universitas Katholik Parahyangan Bandung pada tahun 1986, dan gelar S2 di Institut Pengembangan Manajemen Indonesia Jakarta di tahun 2006.

*Bergabung Februari 2014

Direktur
Laksmi Mustikaningrat
Direktur

Warga Negara Indonesia. 53 tahun. Ditunjuk sebagai Direktur Bank Mutiara sesuai RUPS tanggal 4 Juni 2014 dan lulus fit & proper test OJK tanggal 29 September 2014. Beliau memiliki 29 tahun pengalaman perbankan, khususnya Retail, Consumer, Mortgage, dan Micro Banking. Salah satunya sebagai pejabat di Board of Senior Executive membidangi Mortgage Banking serta Retail Sales & Services sebelum transisi PT Bank Niaga Tbk menjadi PT Bank CIMB Niaga Tbk. Setelah masa transisi di CIMB Niaga, beberapa posisi pejabat eksekutif dijabat oleh beliau, hingga terakhir sebagai EVP Consumer Finance sampai Juli 2012. Kemudian, Beliau aktif sebagai Konsultan & Senior Advisor bagi pembentukan APEX Islamic Micro Finance Institution sebelum ditunjuk menjadi EVP PT Bank Mutiara Tbk dan bergabung pada Maret 2014. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi, Universitas Airlangga pada tahun 1985.

Direktur
Yoshio Hirako
Direktur*

Warga Negara Jepang. 45 tahun. Ditunjuk sebagai Direktur Bank Mutiara sesuai RUPSLB 30 Desember 2014. Beliau memiliki pengalaman 19 tahun di industri perbankan serta berpengalaman pada pendirian 3 bank baru. Sejak bergabung di AEON Bank, Ltd. Tokyo yang merupakan anak usaha retailer raksasa Jepang, AEON pada 2007 sebagai Executive Officer, General Manager of Corporate Planning Department hingga Senior Director, Head of Sales and Marketing Division pada 2013. Beliau selalu mengedepankan kolaborasi antara bisnis retail dan bisnis perbankan. Kemudian pada 2013 beliau bergabung dengan ASUKA Holdings Inc. Tokyo sebagai Representative Director dan COO, serta MONEY DESIGN Co. Ltd. Tokyo sebagai Representative Director dan Vice President sebelum bergabung dengan PT Bank Mutiara Tbk sebagai Direktur. Beliau adalah pemegang gelar Bachelor of Law dari University of Tokyo, Tokyo-Jepang pada tahun 1994.

*Berlaku efektif setelah lulus fit & proper test.

Direktur
Eihito Tamura
Direktur*

Warga Negara Jepang. 44 Tahun. Ditunjuk sebagai Direktur Bank Mutiara sesuai RUPSLB 30 Desember 2014. Beliau memiliki pengalaman tiga tahun di bidang konsultansi marketing dan strategi selain berpengalaman lebih dari tujuh tahun pada bisnis perbankan dan sekuritas, serta setahun mendirikan Bank dari awal. Memulai karir di Sanwa Bank, Limited., Tokyo sebagai Associate pada 1996 hingga pertama kali menduduki posisi Eksekutif sebagai Direktur Eksekutif di Cecile Co., Ltd. pada 2006. Setelahnya beliau menjabat CEO pada Bitcash Inc., Tokyo sebelum menduduki posisi CEO dan President di Wakatam Inc Tokyo pada 2011 sebelum bergabung dengan Bank Mutiara. Beliau adalah lulusan University of Tokyo,Faculty of Engineering,Department of Systems Innovation tahun 1996

*Berlaku efektif setelah lulus fit & proper test.

 

 

Produk Perbankan

Tabungan

Top of Form


NIKMATI HASIL INVESTASINYA………NIKMATI KEMUDAHANNYA

Bottom of Form
Tentukan !! Tabungan Mutiara adalah pilihannya
Tabunga Mutiara adalah tabungan yang memberikan benefit lebih bagi nasabah. Selain memperoleh bunga yang kompetitif juga memperoleh Kartu ATM Mutiara Bank yang saat ini telah terkoneksi dengan ATM Bersama dengan jaringan bank-bank peserta ATM Bersama lebih dari 17.000 ATM di seluruh Indonesia dan Malaysia. Untuk selanjutnya Mutiara Bank masih terus mengembangkan fasilitas-fasilitas lain guna memenuhi keinginan nasabah.

Keunggulan :

• Setoran awal minimum RINGAN
• Saldo minimum KECIL
• Biaya administrasi bulanan MURAH
• Suku bunga MENARIK

• Mendapat Kartu ATM secara GRATIS
• Biaya administrasi Kartu ATM bulanan GRATIS
• Mendapat jaminan Asuransi Kecelakaan GRATIS
• BERHADIAH untuk periode promosi
• Dapat dipergunakan untuk jaminan kredit maupun sebagai REKENING INDUK

Formula perhitungan cover asuransi :

Indiviual     =    (5 X Rata-rata Saldo)
Joint          =    (5 X Rata-rata Saldo) / 2
Multiple     =    (5 X Rata-rata Saldo)
QQ           =    (5 X Rata-rata Saldo) x 20%

Contoh : Jika saldo rata-rata Rp. 1.000.000,- (termasuk Multiple misalnya 2 rekening)

Indiviual    =    (5 X 1.000.000)                =      5.000.000
Joint          =    (5 X 1.000.000) / 2           =      2.500.000
Multiple      =    (5 X 1.000.000) x 2          =     10.000.000
QQ            =    (5 X 1.000.000) x 20%      =      1.000.000

Untuk cacat tetap mengikuti ketentuan yang berlaku pada perusahaan asuransi.

Memperoleh hadiah
Dalam program promosi pada periode tertentu akan diberikan hadiah yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan saldo pada tabungan.

Untuk fasilitas lain
Rekening Tabungan Mutiara dapat juga digunakan sebagai jaminan pinjaman / kredit di Mutiara Bank serta dapat digunakan sebagai rekening induk untuk Tabungan Rencana Mutiara.

Syarat pembukaan :
• Fotocopy KTP/SIM/Paspor/KITAS
• Mengisi formulir pembukaan tabungan
• Fotocopy kartu keluarga dan akta kelahiran ahli waris
• Usia s/d 70 tahun, bagi nasabah yang dicover asuransi jiwa
• Mengikuti persayaratan lain yang berlaku.

Setoran awal
Setoran awal minimum sangat ringan, hali ini akan memudahkan calon nasabah yang akan membuka rekening Tabungan Mutiara.

Saldo minimum
Untuk meringankan nasabah, maka saldo minimal yang harus mengendap pada rekening Tabungan Mutiara sangat kecil dan tidak memberatkan bagi nasabah.

Biaya administrasi
Biaya administrasi pada rekening Tabungan Mutiara ini terhitung murah.

Suku bunga
Suku bunga yang diberikan untuk nasabah sangat menarik dan lebih terasa investasinya.

Mendapat Kartu ATM
Sebagai apresiasi Mutiara Bank terhadap nasabah Tabungan Mutiara, maka tabungan ini memberikan Kartu ATM Mutiara Bank baik untuk versi Silver maupun untuk versi Gold (sesuai ketentuan yang berlaku).

Dengan Kartu ATM Mutiara Bank, maka nasabah dapat dengan bebas bertransaksi melalui mesin-mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia, karena telah terkoneksi dengan ATM Bersama yang selanjutnya akan dikembangkan dengan fasilitas-fasilitas lain sesuai dengan keinginan nasabah.

Mendapat asuransi
Setiap nasabah Tabungan Mutiara akan dicover oleh asuransi jiwa kecelakaan personal accident baik untuk yang meninggal dunia maupun untuk yang cacat tetap (sesuai ketentuan yang berlaku)

 

Deposito

Top of Form


NIKMATI HASIL INVESTASINYA…………..

Bottom of Form
Tentukan!! Deposito Rupiah Mutiara adalah pilihannya, tempat investasi yang aman dan terpercaya sekaligus menguntungkan dengan tingkat suku bunga yang kompetitif.

Deposito Rupiah Mutiara adalah simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah yang memiliki nilai investasi paling tinggi dibandingkan produk lainnya. Nasabah tidak dapat menarik dananya sewaktu-waktu kecuali berdasarkan perjanjian penyimpanan yang telah disepakati. Bila terpaksa nasabah harus mencairkan dananya, maka akan dikenakan pinalty /denda atas penarikan dana sebelum jatuh tempo.

Keunggulan :

        Fleksibilitas TINGGI
•        
Suku bunga KOMPETITIF

Fleksibilitas tinggi

• Tersedia pilihan jangka waktu yang dapat anda yentukan. Ada 1 Bulan; 3 Bulan; 6 Bulan dan 12 Bulan.
• Dapat diperpanjang secara otomatis ( ARO / Automatic Roll Over ).

• Bunga hasil investasi dapat Anda investasikan kembali digabung dengan nilai pokok deposito.
• Bunga hasil investasi dapat Anda transfer ke rekening giro atau tabungan di Mutiara Bank.
• Deposito dapat dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account )

Untuk fasilitas lain

• Deposito Rupiah Mutiara dapat juga digunakan sebagai jaminan pinjaman / kredit di Mutiara Bank.
• Dapat juga digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan Mutiara Elite Card jika diakumulasikan dengan produk lain sehingga mencapai jumlah tertentu. ( syarat & ketentuan berlaku )

Suku bunga

• Suku bunga deposito sangat kompetitif sehingga nilai investasi Anda menjadi lebih cepat berkembang.
• Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya ( 1 tahun dihitung 365 hari atau 366 hari )

Syarat pembukaan

• Fotocopy KTP/SIM?paspor?KITAS/ Badan Hukum (bukti legalitas)
• Mengisi formulir pembukaan deposito
• Mengikuti persyaratan lain yang berlaku.

Giro
Top of Form


NIKMATI HASIL INVESTASINYA……….. NIKMATI KEMUDAHANNYA

Bottom of Form

Pastikan !! Giro Mutiara adalah pilihannya

Giro Mutiara merupakan simpanan pilihan bagi para pelaku dunia usaha. Simpanan ini memiliki fleksibilitas dalam bertransaksi sehari-hari. Dengan fasilitas real-time on-line system, pemegang rekening Giro Mutiara dapat bertransaksi di seluruh kantor Mutiara Bank. Cek dan Bilyet Giro pada rekening Giro Mutiara dapat dicairkan di seluruh kantor Mutiara bank dimana saja. Melalui fasilitas kliring dapat bertransaksi dengan seluruh bank umum di Indonesia.

Keunggulan :

  • Setoran awal minimum RINGAN
  • Saldo minimum KECIL
  • Biaya administrasi bulanan MURAH
  • Jasa giro MENARIK
  • Mendapat Kartu ATM secara GRATIS
  • Biaya administrasi Kartu ATM bulanan GRATIS
  • BERHADIAH untuk periode promosi
  • MUDAH bertransaksi
  • Dapat dipergunakan untuk jaminan kredit maupun sebagai REKENING INDUK
Setoran awal 
Setoran awal minimum sangat ringan, hal ini akan memudahkan calon nasabah (perorangan / perusahaan) yang akan membuka rekening Giro Mutiara.

Mendapat Kartu ATM
Sebagai apresiasi Mutiara Bank terhadap nasabah perorangan Giro Mutiara, maka simpanan ini memberikan Kartu ATM Mutiara Bank baik untuk versi Silver maupun untuk versi Gold (sesuai ketentuan yang berlaku).

Dengan Kartu ATM Mutiara Bank, maka nasabah dapat dengan bebas bertransaksi melalui mesin-mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia, karena telah terkoneksi dengan ATM Bersama yang selanjutnya akan dikembangkan dengan fasilitas-fasilitas lain sesuai dengan keinginan nasabah.
Memperoleh hadiah
Dalam program promosi pada periode tertentu akan diberikan hadiah atau reward pada nasabah sesuai dengan saldo pada rekening Giri Mutiara.

Mudah bertransaksi
Dengan Giro Mutiara maka segala transaksi bisnis nasabah akan menjadi lancar dengan tersedianya jaringan kantor cabang Mutiara Bank yang tersebar di seluruh lokasi bisnis di Indonesia. Dengan fasilitas kliring, warkat Giro Mutiara dapat bertransaksi melalui seluruh bank umum yang ada di Indonesia.

Saldo minimum
Untuk meringankan nasabah, maka saldo minimal yang harus mengendap pada rekening Giro Mutiara sangat kecil dan tidak memberatkan bagi nasabah.

Biaya administrasi
Biaya administrasi pada rekening Giro Mutiara ini terhitung murah.

Jasa giro
Jasa giro yang diberikan untuk nasabah sangat menarik dan saldo semakin tinggi dengan system tiering akan lebih terasa investasinya.

Untuk fasilitas lain
Rekening Giro Mutiara dapat juga digunakan sebagai jaminan pinjaman / kredit di Mutiara Bank serta untuk perorangan dapat digunakan sebagai rekening induk Tabungan Rencana Mutiara. Gunakan pula fasilitas standing instruction atau untuk pembayaran rutin nasabah ke pihak bank atau pihak lainnya.

 

 

Syarat pembukaan :

  • Fotocopy KTP dan NPWP (untuk perorangan)
  • Fotocopy akta pendirian, akta perubahan terbaru, SIUP, TDP, NPWP, surat keterangan domisili, data pengurus perusahaan dan KTP pengurus, surat pengesahan dari kementrian (untuk perusahaan)
  • Mengisi formulir pembukaan rekening giro ( satu set )
  • Nasabah akan menerima Buku Cek dan Bilyet Giro ( sesuai ketentuan yang berlaku )

 

  • Jenis Transaksi
  • Transaksi Banknotes

Mutiara Bank siap melayani transaksi Banknotes dalam 21 mata uang asing dengan kurs yang kompetitif dan layanan yang lebih unggul.

KEUNGGULAN :

  • Kurs yang kompetitif
  • Skill yang Sudah Teruji dan Terbaik
  • Menerima Banknotes dengan semua kondisi (tanpa hilang nomor seri dan dinyatakan masih berlaku)
  • Tersedia Treasury Gallery dan Treasury Unit dibeberapa cabang yang siap membantu

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Divisi treasury, Jakarta :

021 – 5224674
021 – 52922100
021 – 5224694
021 – 5224843
021 – 5224763
021 – 5224831

  • Transaksi Devisa Umum
Mutiara Bank siap melayani transaksi Devisa Umum dalam 9 mata uang asing dengan kurs yang kompetitif dan layanan yang lebih unggul.
KEUNGGULAN :

  • Kurs yang kompetitif
  • Tersedia Treasury Gallery dan Treasury Unit dibeberapa cabang yang siap membantu

Dalam pembukaan rekening valas, tersedia 5 pilihan yaitu: USD, EUR, JPY, SGD, AUD

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Divisi treasury, Jakarta :

021 – 5224674
021 – 52922100
021 – 5224694
021 – 5224843
021 – 5224763
021 – 5224831

Pengiriman uang untuk transaksi devisa umum bisa dilakukan dengan :

  • Telegraphic Transfer
  • BCA Direct Settlement ( BCA DS )
  • Mandiri Direct Settlement ( Mandiri DS )

Tarif dan Currency Remittance yang dilayani Bank Mutiara :

  • Jenis Teknologi

ATM Bersama

› Fasilitas transaksi elektronis berupa penarikan uang tunai, informasi saldo dan pemindahbukuan melalui   jaringan ATM bersama di seluruh indonesia.
› Lebih dari 70 bank telah bergabung dalam layanan ATM Bersama.
› Total jaringan yang telah mencapai hingga 22.000 jaringan ATM di seluruh Indonesia.

ATM Prima

› Fasilitas transaksi elektronis berupa penarikan uang tunai, informasi saldo dan pemindahbukuan melalui   jaringan ATM Prima di seluruh indonesia.

  • Jenis Kejahatan Perbankan
  1. Card Trapping

Kejahatan ini biasanya dilakukan pelaku dengan cara tradisional yakni menjebak kartu dari mesin ATM. Yaitu pelaku akan mengakali mesin ATM dengan menyumpal lubang kartu dengan lidi. Sehingga nasabah yang akan mengambil uang di ATM mengeluh kartunya tersangkut di dalam. Pelaku sebelumnya juga sudah menempelkan stiker informasi kemana nasabah akan melapor jika kartu ATM nya tersangkut.

Jika nasabah sudah menghubungi nomer pusat informasi tersebut, pelaku akan meminta PIN nasabah. Untuk menghindarinya, sehendaknya nasabah harus menghapal nomer pusat informasi resmi dari bank terkait untuk menghindari penipuan cara berikut.

  1. Via Jejaring Sosial

Cara ini biasanya dilakukan pelaku dengan mendekati si calon korban secara personal. Kasus terbesar yang terjadi yaitu seorang ibu-ibu yang diajak kenalan melalui facebook sehingga tertipu sampai Rp 1 miliar.

  1. Rekening Fiktif

Biasanya korban mendapat pesan singkat dari pelaku yang meminta kiriman sejumlah uang ke sebuah nomer rekening. Pelaku menggunakan identitas palsu agar tidak mudah dideteksi oleh perbankan dan kepolisian. Kejadian ini sering dialami korban menjelang perayaan hari besar agama, penerimaan siswa baru atau bisa hari-hari biasa.

  1. Pembobolan PIN

Pelaku memanfaatkan kegemaran nasabah yang berbelanja dengan EDC (Electronic Data Capture) daripada ATM. Mereka akan melakukan skimming untuk mencuri data nasabah baik PIN dan kartu Debit. Untuk menghindari kejadian ini, nasabah yang menggunakan EDC sebagai alat pembayaran sebaiknya berhati-hati saat memasukkan PIN ke mesin EDC dengan menggunakan kedua tangan untuk menjaga kerahasiaan.

  1. Modus Pemenang Undian

Modus ini yang seringkali terjadi dengan mengirimkan pesan ke nasabah sebagai pemenang undian. Nasabah  diminta melakukan registrasi dengan e-banking melalui ATM dan tidak menyadari bahwa bahwa bahaya mengancam mereka.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s